Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan Dalam Akuntansi

Dalam akuntansi kita pasti sering mendengar dua akun peralatan dan perlengkapan dalam golongan akun aset.

Kedua akun tersebut memiliki kesamaan yaitu sama-sama termasuk ke dalam aset perusahaan.

Namun, secara garis besar peralatan dan perlengkapan sangatlah berbeda, kenapa demikian? mari kita bahas satu-persatu.

Secara garis besar, peralatan adalah benda tidak habis pakai sedangkan perlengkapan adalah benda habis pakai. Untuk penjelasan lebih lanjut kalian bisa membaca artikel berikut ini

Selamat belajar

Pengertian Peralatan

Dalam akuntansi, peralatan adalah berbagai barang yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam melakukan operasional, dan memiliki nilai umur/masa penggunaan yang panjang atau relatif permanen.

Peralatan cenderung memiliki nilai yang tinggi mulai dari jutaan rupiah hingga milyaran bahkan triliuan rupiah. Sekain itu peralatan juga cenderung memiliki bentuk yang besar dan terkadang membutuhkan effort lebih untuk memindahkan.

Contoh-contoh peralatan adalah :

  1. Mesin
  2. Kendaraan
  3. Komputer
  4. dll

Meskipun begitu, ada juga peralatan yang tergolong dalam peralatan kecil. Peralatan kecil memiliki ciri-ciri yang sama namun cenderung memiliki nilai yang kecil, seperti :

  1. Meja, Kursi, dan Lemari
  2. Printer
  3. dll

Intinya jika sebuah benda tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan operasional dan memiliki umur lebih dari satu periode maka bisa termasuk ke dalam peralatan.

Karena memiliki umur yang relatif panjang, maka di setiap periode akan diadakan pencatatan penyusutan nilai aktiva tetap yang bisa kalian pelajari di pembahasan lainnya di blog ini.

Setelah berhasil dihitung berapa nilai penyusutannya, maka akan dibuatkan jurnal penyesuaian untuk mengetahui nilai dari peralatan tersebut di laporan neraca.

Itulah kira-kira pembahasan mengenai peralatan dalam akuntansi. Selanjutnya kita bahas mengenai perlengkapan.

Pengertian Perlengkapan

Dalam menjalankan kegiatan operasional, sebuah perusahaan pasti memerlukan barang-barang kecil seperti, kertas, tinta, pulpen, dan lain sebagainya.

Benda-benda kecil tersebut tentunya memiliki peran penting dalam kegiatan operasional, maka dari itu perlu diadakan pencatatan untuk benda-benda tersebut.

Jadi, perlengkapan dalam akuntansi bisa diartikan sebagi barang yang dimiliki perusahaan untuk menunjang operasinal dan memiliki sifat habis pakai. Atau memiliki umur ekonomis yang singkat.

Perlengkapan juga masih memiliki penggolongan berdasarkan jenis usahanya yaitu

  1. Perlengkapan kantor adalah suluruh perlengkapan yang berhubungan denan kegiatan kantor antara lain ; kertas, pulpen, tinta, staples, penghapus dan lain sebagainya. sedangkan,
  2. Perlengkapan Pabrik adalah seluruh perlengkapan yang menunjang kegiatan pabrik seperti perlengkapan untuk membersihkan mesin, perawatan mesin, bahan bakar mesin, oli mesin dan lain sebagainya.

Untuk bisa memahami lebih lanjut perbedaan perlengkapan dan peralatan kalian bisa melihatgambar tabel perbedaan di bawah ini

Perbedaan perlengkapan dan peralatan dalam akuntansi dikutip dari situs accurate.id

Mungkin itu saja pembahasan mengenai perbedaan perlengkapan dan peralatan yang bisa saya berikan. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya, untuk yang ingin berdiskusi bisa langsung komen di bawah. Atau jika saya ada salah dalam penyampaian materi bisa untuk dikoreksi, terimakasih.

Tinggalkan komentar