Info Universitas Terbuka |Pendaftaran, Biaya, Persyaratan

Raafli .com – Bagi teman-teman yang sedang mencari mengenai info seputar Universitas Terbuka seperti cara pendaftaran, biaya, persyaratan dll sangat tepat jika berkunjung ke halaman ini.

Nah mungkin teman-teman sedikit kebingungan bukan ketika hendak kuliah di Universitas Terbuka?

Ya meskipun banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan melalui internet dan situs resmi dari UT.

Namun, tidak jarang juga dengan informasi yang banyak itu malah membingungkan kita.

Nah, kali ini saya akan membahas banyak hal mengenai Universitas Terbuka menurut pengalaman pribadi.

Syarat Pendaftaran

Universitas Terbuka ini bisa dibilang dengan Universitas yang paling simpel dan tidak ribet untuk calon mahasiswa baru.

Untuk bisa menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka kita hanya diwajibkan untuk menyiapakan beberapa persyaratan antara lain sebagai berikut

  1. Berusia minimal 17 tahun dan sudah lulus SLTA (untuk prodi S1 dan Diploma)
  2. Fotocopy Ijazah terahir yang sudah dilegalisasi sekolah asal
  3. FotoCopy kartu identitas (KTP)
  4. Pas Foto 3×4 berwarna
  5. Persyaratan tambahan untuk bidang studi/jurusan tertentu

Bagaimana mudah bukan? memang untuk persyaratan yang perlu kita kumpulkan hanya itu saja.

Namun bagaima jika kita Fresh graduate atau baru lulus katakan saja baru lulus SLTA dan Ijazah belum keluar, sedangkan dalam persyaratan haru melampirkan Ijazah?

Tenang saja hal itu tidak menjadi masalah bagi pihak Universitas Terbuka, saya sendiri waktu itu mendaftarkan diri di Universitas Terbuka belum memiliki Ijazah karena memang Belum Keluar.

Nah untuk melengkapi persyaratan tersebut pihak Universitas melalui UPBJJ setempat hanya meminta kita untuk mengumpulkan Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterang Telah Mengikuti Ujian Nasional dan kita sudah bisa mendaftarkan diri.

Untuk kasus seperti itu teman-teman hanya butuh datang ketempat UPBJJ lalu menyatakan bahwa Ijazah belum keluar. Namun perlu diketahui bahwa di kemudian hari kita harus melengkapi persyaratan yang kurang tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut bisa baca di sini.

Cara Pendaftaran

Untuk cara pendaftaran sih sebenarnya sangat simpel. Jika kita membaca secara langsung di situs Universitas Terbuka maka akan mendapati sederet prosedur dan syarat yang panjang sekali.

Namun, kali ini saya akan membahasnya secara lebih singkat.

Setelah semua persyaratan telah terpenuhi teman-teman bisa langsung datang ke UPBJJ terdekat di kota kalian. Selanjutnya kalian pasti disambut oleh petugas di UPBJJ, nah kalian tinggal bilang aja kalau mau daftar sebagai mahasiswa.

Setelah itu, kalian pasti akan diberi formulir pendaftaran dan yang paling menyenangkan lagi, formulir itu 100 % gratis tanpa dipungut biaya apapun. Formulirnya pun bisa kita isi kapan saja, baik langsung di UPBJJ atau diisi di rumah. Kalau menurut saya sih lebih baik di UPBJJ karena akan didampingi untuk pengisiannya.

Setelah semua terisi kita ajukan formulir pendaftaran dan ikuti seluruh instruksi dari patugas, lalu setelah semua prosedur selesai kita akan mendapatkan billing pembayaran yang bisa kita bayarkan di Bank yang telah bekerja sama dengan Universitas Terbuka antara lain BNI, BRI, dan Mandiri.

Jika pembayaran sudah selesai jangan lupa untuk kembali ke UPBJJ untuk melakukan konfirmasi maka kalian sudah resmi berstatus Mahasiswa Universitas Terbuka.

Langkah selanjutnya setelah menjadi Mahasiswa kalian cukup menunggu pengumuman selanjutnya mengenai pengambilan Kartu Mahasiswa, Bahan ajar, starter kit mahasiswa, dan Orientasi Sekolah Mahasiswa Baru (OSMB).

Biaya

Untuk biaya sendiri sangat bermacam-macam tergantung prodi dan sistem yang kita ambil.

Biaya kuliah di Universitas Terbuka memiliki range hanrga antara Rp. 1.150.000,- persemester tergantung paket yang kita pilih.

Nah, untuk saya sendiri memilih paket sipas (sistem paket semester) dengan jurusan akuntansi, maka biaya yang saya keluarkan persemester sebesar Rp. 1.300.000,-.

Biaya yang kita bayarkan tersebut sudah termasuk semua biaya yang dibutuhkan jadi, kita tidak perlu menambahkan biaya lagi untuk mengikuti ujian atau untuk mengambil bahan ajar.

Biaya pendaftarannya pun gratis, kita hanya perlu membayar uang yang setara dengan uang semester kita. *(untuk prodi/sistem tertentu mungkin dikenakan biaya tambahan saat mendaftar)

Sebagai catatan saya sendiri mengambil jurusan akuntansi dengan sistem paket semester.

Untuk penjelasan mengenai sistem paket bisa di baca di sini.

Jurusan

Jurusan di Universitas Terbuka juga tergolong lengkap dan banyak, namun untuk informasi tersebut sepertinya tidak akan saya tulis langsung di sini, dikarenakan akan sangat panjang .

Maka dari itu teman-teman bisa langsung membacanya di sini.

Daftar UPBJJ

Berdasarkan data yang beredar, pada tahun 2019 total ada lebih dari lima ratus ribu mahasiswa aktif di seluruh Indonesia.

Untuk jumlah UPBJJ nya pun juga sangat banyak, bahkan sampai di luar negeri juga memiliki kantor khusus untuk pusat informasi.

Jadi kalian tidak perlu khawatir jika kuliah di Universitas Terbuka. Enaknya lagi, kalau kalian sudah terdaftar di salah satu UPBJJ di kota kalian, kalian tetap bisa mengikuti ujian di luar kota kalau semisal menjalankan dinas luar kota. Namun sebelumnya perlu konfirmasi ke pihak UT.

Saking banyaknya UPBJJ kalian juga bisa cek infonya langsung di sini.

Info Universitas Terbuka Lainnya

Untuk informasi lainnya mengenai info Universitas Terbuka teman -teman bisa langsung mengunjungi laman resi Universitas Terbuka di https://ut.ac.id/

atau juga bisa meniguti update dari blog ini.

Sekian artikel mengenai Info Universitas Tebuka ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih telah mengunjungi dan mohon maaf apabila ada kekurangan.

Baca Juga : Aplikasi Perpustakaan Online Gratis.

Tinggalkan komentar