Cara Menjual Foto di Shutterstock Terbaru 2021

Fotografi merupakan sebuah hobby yang bisa mendatangkan uang untuk para pelakunya. Namun, tidak sedikit juga yang belum mengetahui jika foto bisa dijual secara online. Jual foto online merupakan salah satu ide bisnis yang bisa kalian geluti.

Buat kalian yang ingin mendapatkan uang dari hasil foto kalian, jangan khawatir karena saya akan membagikan cara menjual foto di shutterstock.

Namun, sebelumnya kalian harus yakin bahwa foto yang akan kalian upload sudah memiliki kualitas yang bagus. Karena, meskipun kalian berhasil mengunggah foto kalian di shutterstock belum tentu ada yang mau beli juga hehehehee.

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Shutterstock merupakan salah satu situs microstok untuk menjual foto secara online terbaik sampai detik ini.

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar foto kalian berhasil diterima oleh tim editor shutterstock dan bisa menghasilkan uang dari foto yang kalian jual.

Daftar Menjadi Contributor di Shutterstock

Untuk menjual foto di situs microstock ini, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mendaftar menjadi kontributor terlebih dahulu sebelum memulai menjual foto.

Cara mendaftarnya cukup mudah, kalian tinggal kunjungi url berikut ini submit.shutterstock.com dan kemudian pilih sign up dan ikuti prosedur mendaftar sesuai dengan instruksi. Saya rasa tahap ini sangat mudah dan tidak perlu dijelaskan lagi.

Persiapkan Foto yang Ingin Kalian Jual

Selanjutnya siapkan foto yang akan kalian jual, usahakan kalian mengunggah foto yang menurut kalian berkualitas. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, foto yang kalian unggah akan sangat mudah sekali lolos review oleh tim shutterstock.

Namun, meskipun foto kalian lolos belum tentu ada yang mau membeli. Karena kalian juga akan bersaing dengan ribuan bahkan sampai jutaan fotografer di seluruh dunia.

Jika ingi foto kalian lolos review shutterstock kalian hanya perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Perhatikan pencahayaan jangan terlalu buram dan banyak noise
  2. Foto harus fokus jangan miring atau blur
  3. Jangan sampai mengandung merk
  4. Hindari memotret benda-benda terlarang seperti tembakau, narkotika dll
  5. Foto minimal berukuran 4 MB
  6. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca di situs shutterstock

Namun, jika kalian sudah menerapkan lima hal di atas, kemungkinan besar foto kalian akan lolos review.

Cara Upload Foto di Shutterstock

Setelah foto kalian sudah siap, sekarang saatnya kalian mengikuti cara upload foto di shutterstock berikut ini.

Langkah pertama adalah masuk ke dashboard shutterstock, kemudian pilih tombol upload atau unggah berwarna merah yang berada di pojok atas dashboard.

Pilih tipe gambar karya yang akan kalian jual, pilih Illustration untuk ilustrasimu dan pilih mature untuk foto jepretan asli dari kamera.

Selanjutnya, isi judul dan deskripsi dengan jelas dan sesuai dengan foto menggunakan bahasa Inggris jangan Bahasa Indonesia, karena akan ditolak secara otomatis.

Jangan lupa untuk mengisi tag dan meta keyword, usahakan untuk mengisi sebanyak mungkin. Kalau kalian bingung, shutterstock akan memberikan rekomendasi tag yang di generate secara otomatis.

Langkah terkhir adalah melakukan submit fotomu. Tunggu review dari tim shutterstock. Biasanya maksimal 7 x 24 jam akan terjawab, apakah foto kalian diterima atau ditolak.

Promosikan Foto Kalian

Jika foto kalian berhasil lolos review ada baiknya jika kalian untuk mempromosian foto kalian secara mandiri. Hal tersebut perlu kalian lakukan agar ada penjualan atas foto kalian.

Karena foto kalian tidak akan selamanya ada di shutterstock, melainkan hanya dalam waktu 21 hari saja foto kalian akan terhapus otomatis.

Jadi, belum tentu juga ada orang yang mau membeli foto kalian hanya dalam waktu 21 hari.

Saran saya sih, kalian jangan cuma mengunggah satu foto saja. jadi unggahla foto sebanyak mungkin dalam waktu bersamaan. Lakukan juga dengan sering dan tekun, selain itu imbangi juga dengan promosi.

Jika kalian bersungguh sungguh, maka kalian bisa sukses dalam menekuni bidang ini. Karena menjual foto online di situs microstock seperti shutterstock ini tergolong gampang-gampang susah.

Itulah tempat yang bisa kalian gunakan untuk menjual foto secara online. Jika kalian ingin mendapatkan ide usaha lainnya kalian bisa membacanya di 50 Peluang Usaha Modal Kecil Untung Maksimal.

Satu pemikiran pada “Cara Menjual Foto di Shutterstock Terbaru 2021”

  1. Saya pernah nih nyobain upload poto ke shuterstock…dan ternyata reviewnya lumayan ketat…seperti dalam poto tidak boleh ada logo merk/brand salah satunya…dan efek atau filter juga jangan terlalu sadis…sampai sekarang sih foto hasil jepretan saya belum pernah ada satupun yang terjual hiks* dan mungkin sekarang fotonya juga sudah hilang karena saya baru tahu juga ternyata fotonya akan terhapus secara otomatis selama 21 hari…

    Balas

Tinggalkan komentar