cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Uang satu juta jika digunakan untuk kebutuhan sehari hari saya rasa masih jauh dari kata cukup. Namun jika kita tahu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta, uang sebesar itu bisa menjadi sangat cukup. Banyak sebenarnya di luar sana orang orang yang mampu bertahan hidup dengan pendapatan kurang dari dua juta rupiah.

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

Melakukan Evaluasi Kebutuhan Rumah Tangga

Jika setiap saat kalian selalu merasa kekurangan uang ada kemungkinan terdapat kesalahan dalam mengatur keuangan. Jadi lakukan lah evaluasi terhadap belanja bulanan, potong dan kurangi semua pembelian yang tidak diperlukan. Sebagai contoh, kalian bisa mengurangi konsumsi listrik atau juga bisa untuk meminta subsidi jika memungkinkan. Kurangi penggunaan BBM, penggunaan kuota internet, pengeluaran untuk uang jajan yang tidak penting dan sebagainya.

Baca Juga : 50 Peluang usaha Modal Kecil dan Menguntungkan

Usahakan juga jangan suka makan di warung, masak dan makan di rumah saja untuk lebih menghemat pengeluaran. Dengan uang Rp. 20.000,- kalian sudah bia makan nasi dan sayur untuk satu keluarga sepanjang hari. Jika masih dirasa kurang kalian bisa menanam sendiri sayuran di pekarangan rumah kalian, seperti menanam cabai, tomat, bawang, bayam, dan sebagainya.

Membuat Rencana Anggaran Belanja

Setelah berhasil mengevaluasi pengeluaran bulanan kalian, coba deh membuat anggaran belanja bulanan untuk mengatur keuangan rumah tangga kalian. Kalian harus membuat rincian apa saja kebutuhan utama yang harus di dahulukan dan mana yang tidak diperlukan. Setelah itu kalian bisa langsung untuk selalu konsisten dengan rencana anggaran belanja rumah tangga kalian. Dengan begini kalian bisa terus mengontrol pengeluaran keuangan jadi tidak terlalu bocor. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan sisa untuk ditabung sebagai dana darurat, untuk jaga-jaga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kurangi Pengeluran yang Tidak Diperlukan

Hal yang paling penting dalam mengatur keuangan rumah tangga. Hal yang bisa kalian kurangi antara lain seperti rokok, BBM, pulsa, paket data, listrik, kopi, nongkrong dan hal-hal yang tidak berhubungan dengan kebutuhan utama lainnya.

Selektif Memilih Harga Barang

Dalam memilih barang juga kalian harus selektif agar bisa mengatur keuangan dengan baik. Usahakan memilih barang berdasarkan fungsi jangan berdasarkan keindahan saja. Sebagai contoh, jangan membeli baju dengan merek ternama karena baju tanpa merek pun memiliki fungsi yang sama.

Mencari Tambahan Pemasukan

Jangan selalu mengandalkan satu sumber pendapatan apalagi gaji yang tidak sampai dua juta. Kalian harus selalu inovatif dalam menemukan peluang dan ide usaha. Jadi kalian bisa mendapatkan uang tambahan untuk keperluan lain, karena saya rasa dengan uang kurang dari satu juta tidak akan cukup jika kalian sudah memiliki buah hati.

Mengendalikan Diri

Selalu kendalikan diri ketika penghasilan pas-pasan. Jangan sampai kalian menumpuk hutang apa lagi sampai gali lobang tutup lobang. Usahakan jangan sampai hutang untuk keperluan yang tidak penting.

Hidup seadanya akan menjadi solusi bagi kalian, jangan sampai terlalu termakan oleh gengsi. Karena gengsi hanya akan menghancurkan kalian.

Jangan Lupa Menabung

Seribu dua ribu yang penting kalian memiliki tabungan, usahakan meskipun dengan nominal kecil kalian menabung setiap hari ya. Gunanya tabungan bukan hanya untuk menyimpan kekayaan doang loh. Tapi kalian bisa menggunakannya untuk keperluan dana darurat.

Tinggalkan komentar