Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Membuka usaha sendiri di rumah memang menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memulai usahanya. Namun, banyak sekali yang masih belum tau tentang bagaimana cara membuka usaha sendiri di rumah.

Banyak sekali pengusaha-pengusaha sukses yang berhasil mendirikan berbagai usaha besar yang diawali dengan usaha kecil di rumah mereka. Sebut saja perusahaan besar sekelas Amazon, Google, Apple, dan masih banyak lagi perusahaan internasional maupun lokal yang pada awalnya didirikan di rumah mereka.

Namun, tak sedikit juga dari kita yang terkadang tidak tau bagaimana cara memulai mendirikan usaha di rumah yang benar.

Memilih ide usaha sesuai dengan pasion

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah memilih ide usaha yang sesuai dengan passion kalian. Dengan begitu kalian bisa menjalankan usaha dengan maksimal dan berpotensi mendapatkan banyak keuntungan.

Selain itu, jika kalian memilih usaha yang sesuai dengan passion, kalian bisa dengan mudah mendapatkan target market yang sesuai dengan apa yang kalian tawarkan.

Sebagai contoh, jika kalian memiliki ketertarikan dalam bidang otomotif alhasil kalian punya banyak teman dengan ketertarikan yang sama. Dari situ saja kita sudah memiliki pasar dalam skala kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, kalian akan menemukan target pasar yang lebih luas lagi.

Jika kalian bingung dalam mencari ide peluag usaha kalian bisa membaca artikel saya tentang “Peluang usaha modal kecil

Melihat kondisi pasar

Sebelumnya sudah saya singgung mengenai target pasar, tapi kalian mau tidak mau harus bisa melakukan riset target pasar dan pesaing dengan sangat matang.

Yang pertama kalian harus bisa memahami minat pembeli di daerah kalian. Sebagai contoh ringan saja, jika kalian adala penduduk pesisir pantai akan sedikit kesulitan jika menjual pakaian hangat. Dan sebaliknya akan mendapatkan banyak pesaing jika kalian menjual pakaian tipis. Itulah pentingnya kalian untuk mengetahui kondisi pasar.

Yang kedua, jika kalian ingin membuka usaha yang memerlukan keahlian khusus kalian harus mengetahui kualitas pesaing kalian. Sebagai contoh, kalian akan membuka servis komputer, apakah di daerah kalian masi belum ada yang buka, atau sudah ada. Nah, jika memang sudah ada yang membuka alangkah baiknya kalian melakukan riset yang lebih mendalam seperti :

  1. Mengetahui kualitas pesaing, kalian minimal harus bisa menyamai pesaing. Atau kalian harus memilih alternatif lain seperti mencari ciri khas yang lain.
  2. Melakukan riset pasar yang lebih jauh, dengan hadirnya kalian sebagai pendatang baru di dunia servis komputer, apakah masih ada yang membutuhkan jasa kalian, ataukah dengan servis komputer yanng sudah ada sebelumnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar.
  3. Berikan apa yang belum bisa diberikan oleh kompetitor kalian, seperti night service, one day sevice, dan sebagainya.
  4. Jika memang sudah yakin jangan ragu untuk memulai, dan jangan takut gagal.

Karena ini merupakan bisnis dalam skala kecil, usahakan jangan menganggap kompetitor kalian sebagai lawan. Coba untuk sedikit melakukan kerjasama agar saling menguntungkan.

Merencanakan keuangan dengan matang

Selanjutnya kalian bisa merencanakan keuangan dengan sangat matang. Dengan begitu kalian bisa meminimalisir kerugian di awal. Jadi, jangan sembarangan dalam melakukan pengeluaran modal demi berjalannya bisnis kalian.

Tetap pada jalur utama yaitu mendapatkan keuntungan, jadi jangan sampai kalian terus-terusan membeli atau mengeluarkan uang yang memang tidak ada gunanya buat usaha kalian.

Pikirkan dengan matang setiap kali akan melakukan pengeluran, apakah pengeluran tersebut bisa mendatangkan keuntungan buat kalian, atau tidak. Maka dari itu, kalian juga harus selalu belajar mengenai majemen bisnis.

Melakukan promosi

Promosi memang hal yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha, bahkan perusahaan besar yang sudah memiliki merk besar pun masih melakukan promosi demi meingkatkan penjualan mereka.

Banyak sekali metode promosi yang bisa kalian lakukan, baik gratis maupun berbayar. Kalian bisa melakukan promosi secara gratis melalui sosial media seperti FB, IG, Twitter, YouTube. Tapi menurut saya, promosi yang efektif untuk membuat bisnis lokal adalah menggunakan Google Maps.

Dengan promosi yang tepat bisa jadi nanti kalian akan mendapatkan penjualan yang maksimal. Alangkah baiknya jika kalian lebih mendalami tentang cara promosi yang baik dan benar.

Karena setiap produk dan target pasar yang berbeda akan membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula.

Memberikan pelayanan yang terbaik

Selain kualitas produk, kalian juga harus memberikan pelayanan yang terbaik. Karena sejatinya seorang konsumen sebelum menikmati produk yang mereka beli terlebih dahulu akan merasakan pelayanan dari kalian.

Sering sekali penulis menemukan para pelaku usaha yang memberikan pelayanan yang kurang memuaskan, ya sekalipun barang yang mereka jual memiliki value yang bagus. Kalau sudah menemukan penjual seperti itu, kemungkinan besar saya akan menghindarinya.

Jadi, mau tidak mau kalau sudah buka usaha sendiri usahakan kalian bersikap professional supaya pembeli merasa nyaman melakukan pembelian di kita.

Hal kecil yang memiliki efek besar dalam sebuah pelayanan seperti, menyapa pelanggan, mengucapkan terimakasih, melayani segala kemauan pelanggan, berusaha memberikan uang kembalian sekalipun receh. Biasanya dengan hal-hal kecil seperti itu akan membuat pelanggan merasa nyaman, dan kehadiran mereka selalu disambut dengan hangat.

Satu lagi, kalau bisa jadikan pelanggan sebagai teman supaya mereka sering melakukan pembelian di kalian.

Mungkin segitu saja cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa saya berikan. Bila mana ada kekurangan saya mohon maaf, karena saya juga masih belajar. Insyaallah ke depannya akan terus saya perbarui artikel ini jika memang apa yang saya tuliskan kurang relevan.

Tinggalkan komentar