Cara Membuka Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil

Usaha kuliner merupakan satu dari sekian banyak ide usaha yang ada. Tapi terkadang kita terkendala modal dalam memulai untuk membuka usaha tersebut. Nah untuk itu kali ini saya akan membagikan ilmu tentang cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil.

Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa mendirikan usaha kuliner itu susah susah gampang. Banyak sekali faktor yang akan menentukan seberapa usaha kuliner kita bisa sukses seperti,

  1. Kualitas rasa
  2. Kebersihan tempat
  3. Konsep
  4. Lokasi
  5. Target market

Jika saja kita tidak memenuhi kriteria di atas bisa jadi usaha kuliner kita akan semakin berntakan. Sebut saja jika kita salah dalam menentukan target market, maka pembeli yang akan datang kepada kita pasti akan sangat sedikit. Apalagi sampai kebersihan tempat dan kualitas rasa dari menu kita tidak maksimal, al hasil orang pun akan malas untuk membeli.

Oke saya rasa untuk ke lima point sebelumnya Anda sudah paham, karena itu memang hal yang sangat mendasar dalam membangun bisnis kuliner.

Cara Membuka Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil

Modal memang hal yang sangat vital dalam mendirikan sebuah usaha, bahkan tidak sedikit di luar sana yang tidak bernai mendirikan usaha secara mandiri dengan alasan tidak memiliki modal yang cukup. Namun sebenarnya dengan modal kecil pun kita sudah bisa mendirikan usaha kuliner loh. Nah silahkan untuk menyimak point point berikut ini.

Harus memiliki rencana yang matang

Saran saya sih kalau ingin menjalankan bisnis dengan modal kecil jangan terlalu jauh memikirkan “bagaimana nanti bisnis ini bisa besar”. Hal itu hanya akan membuat kalian semakin tidak konsesntrasi dengan menjalankan usaham, melainkan hanya memikirkan ide ide yang sulit untuk direalisasikan.

Jadi fokuslah untuk memikirkan bagaimana menjalankan usaha jika masih awal seperti, apakah orang lain bisa menerima produk kita. Lalu bagaimana kita bisa meningkatkan kualitas pelayanan, bagaimana kita bisa meingkatkan penjualan secara bertahap. Pemikiran-pemikiran seperti itulah yang akan membuat usaha kecil menjadi semakin berjaya.

Mulailah dengan percaya diri dan seadanya

Saya rasa, jika kalian membaca artikel ini kalian sudah memiliki ide usaha kuliner yang siap kalian eksekusi. Jangan minder, jangan khawatir eksekusi saja, gunakan alat-alat yang sederhana saja jangan terburu-buru membeli peralatan yang mahal. Jika kalian menggunakan piring atau mangkok, sementara kalian bisa menggunakan seadanya di rumah kalian.

Jadi dengan meminimalisir pengeluaran modal untuk membeli peralatan, kalian bisa memaksimalkannya untuk membeli bahan guna meningkatkan kualitas dari cita rasa makanan yang kalian jual.

Nanti seiring dengan meningkatnya penjualan, kalian bisa membeli peralatan pendukung lainnya guna meningkatkan kualitas dari pelayanan kalian.

Jangan ceroboh dalam memilih keputusan

Terkadang kita dalam mengawali membuka usaha akan sangat ceroboh dalam mengambil keputusan. Sering kali kita kesulitan dalam menentukan skala prioritas, sehingga membuat bisnis kita semakin berantakan.

Seperti yang saya sebutkan pada point sebelumnya, bahwasannya kita sangat perlu memiliki perencanaan yang matang. Nah dengan perencaan tersebut kita juga harus tau skala prioritas sehingga kita tidak kesulitan dalam mengelola bisnis kita.

Kalian juga jangan gegabah dalam melakukan peningkatan usaha, jadi tingkatkan bisnis kalian sesuai dengan kemampuan kalian saja. Jangan terlalu gegabah, karena jika tanpa peritungan yang pas maka hanya akan membuat kalian rugi.

Promosi melalui media online gratisan

Namanya juga modal kecil, pasti harus cari metode yang gratisan kan? Nah kalian bisa menggunakan berbagai macam medote gratisan untuk mempromosikan bisnis kalian.

Kalian bisa menggunakan layanan google maps, facebook, instagram maupun whatsapp untuk membuat promosi usaha secara gratis. Kalau penjualan kalian masih lesu, jangan terlalu terburu-buru untuk melakukan promosi berbayar.

Coba lebih maksimalkan lagi cara promosi kalian, bisa saja dengan menawarkan kepada orang-orang terdekat atau sebagainya.

Nah, itulah cara cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil yang bisa kalian terapkan. Sebenarnya masih banyak sih cara yang bisa kita gunakan asalkan kita mau untuk berkesperimen.

Tinggalkan komentar